Translate

Selasa, 07 Mei 2013

2 Mei (2013) yang Manis dan Pahit.........

Tanggal 2 Mei adalah tanggal kelahiran anak kedua kami. M. Irsyad Khoiri Salim. Usianya kini 14 tahun. Kami tidak merayakan apa-apa untuk tanggal istimewanya ini. Sekedar ucapan selamat saja yang kami berikan di pagi hari.
Pagi itu ia ku cium pipinya dan kupeluk seraya memberikan ucapan selamat ulang tahun. Kubisikan di telinganya, "hadiahnya besok-besok ya Mas...."
Ia hanya tersenyum membalas kata-kataku.

Siang harinya, aku izin keluar kantor untuk menuju bank Mandiri terdekat dari kantorku. Tujuannya adalah melakukan penarikan dana investasi yang aku simpan di sebuah lembaga asuransi yang bekerja sama dengan sebuah bank pemerintah.
Di sana aku dilayani oleh seorang financial advisor. Segera kuberikan identitasku. Tak lama ia menginformasikan bahwa kedua polis yang aku sodorkan bernilai 26 juta lebih, masing-masing!
Alhamdulillah..............dengan hanya membayar 250ribuan per orang per bulan, nilainya menjadi sebesar itu setelah 6 tahun lebih. Apalagi ada tanggungan kesehatan pula di sana.
Kalau nabung sendiri sebesar itu, rasanya uang tersebut tidak akan pernah bisa terkumpul. Maklum, pasti ada saja kebutuhan yang "memaksa" kami mengambil uang tersebut hehehehe..

Ketika ditanya berapa dana yang akan kuambil? Spontan kujawab 20juta, masing-masing.
Tidak butuh lama untuk memproses administrasi penarikan dana. Yang lama adalah waktu pencairannya. Dibutuhkan waktu paling lama 7 hari katanya. Hiks!
Ya sudah, mau diapain lagi!

Niatku mengambil dana tersebut adalah membeli sebuah sepeda motor baru untuk anakku yang hari ini berulang tahun. Sisanya akan kupakai untuk membiayai anak pertamaku yang akan masuk keperguruan tinggi tahun ini....
Itulah kisah manis di hari ini...

Siang hari, ba'da sholat dzuhur, istriku mengirim sebuah pesan singkat via bebe. Isinya: pahit!
Ia mengabarkan bahwa anak keduaku telah di tipu di jalan dan motor yang dikendarainya berhasil dibawa orang yang menipunya! Gubrakkkk!!!
Saat itu ia akan menuju rumah kawannya. Apes....! Huh...bener-bener apes!!!
Ini adalah kisah ke tiga kalinya ia menghilangkan barang! Ia pernah tertipu mirip seperti hari ini. Sebuah sepeda polygon melayang berpindah tangan! Kedua, sebuah sepeda merek yang sama kembali hilang! Kali ini bukan karena ditipu tetapi karena ia memarkirkan sepeda tersebut tanpa dikunci di depan sebuah warnet! Sungguh ceroboh!!!! Dikiranya semua orang punya hati yang baik. Yang tidak akan mengambil barang yang bukan miliknya, kali??!!!!
Padahal aku sudah memberikan sebuah rantai dan kunci gembok untuk mengunci sepeda tersebut.
Hari itu ia tidak membawa rantai maupun kunci gembok. Huh dasar ceroboh!!!

Kejadian di atas adalah kejadian dua tahun lalu kalau tidak salah. Saat itu postur tubuhnya masih mungil dan masih terlihat sebagai seorang anak kecil.
Lah kalau sekarang ia sudah terlihat lebih dewasa. Bahkan tinggi badannya sudah melebihi diriku.
Dengan postur seperti itu ternyata ia tetap saja masih bisa dibohongi orang!!! (tepok jidat)

Mendengar kejadian tersebut spontan aku marah besar, mengingat ini adalah kejadian ketiga kalinya ia menghilangkan sebuah barang!!!
Meskipun aku agak lega karena ia tidak diapa-apakan oleh si penipu. Dan juga motor tersebut di asuransikan!
Bagiku tetap saja ini adalah kesalahan besar yang tidak boleh terulang lagi!
Aku pun memberikan peringatan padanya bahwa ia aku hukum tidak boleh membawa motor selama satu tahun!!!!

Kisah sedih ternyata masih berlanjut! Sejak siang hingga sore aku berkomunikasi via bebe dengan seorang kawanku yang menjadi sales agent asuransi.
Setelah bercakap-cakap cukup intens akhirnya didapati kesimpulan bahwa polis asuransi motor tersebut tidak bisa di klaim! Alasannya karena si pengendara, saat terjadinya kehilangan, tidak atau belum memiliki SIM...!!! Gubraakkkkkkkkkkkkkkk...........!!!
Kecewa berat aku dengan kondisi tersebut! Rasa marahpun muncul. Aku tidak akan menggunakan jasa asuransi tersebut lagi....!!

Keesokan harinya, aku merenungi kembali kejadian tersebut. Aku harus instropeksi diri. Aku harus mengambil hikmah dari kejadian ini.
Dan kembali belajar tentang ikhlas....!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar